Urusan Santapan Nikah, Pilih Masak Sendiri atau Katering?

Bagi yang akan segera menikah, sudah pasti Anda dan pasangan akan direpotkan dengan berbagai persiapan pernikahan. Hal ini bahkan membutuhkan sebuah perencanaan yang sangat panjang, sehingga tidak heran jika sebagian besar pasangan akan merencanakan pernikahan mereka sejak jauh-jauh hari. Pernikahan membutuhkan sejumlah persiapan yang sangat detail dan bahkan seringkali rumit, di mana hal ini akan membutuhkan perhatian dan juga penanganan khusus dari tenaga-tenaga yang ahli di bidangnya.

Selain busana pernikahan, maka makanan yang disajikan di dalam pesta pernikahan adalah hal yang paling sering menjadi perhatian bagi para tamu undangan. Hampir di semua pesta pernikahan hal ini menjadi sebuah poin penting yang menarik perhatian para tamu, dan tentu saja ini wajib menjadi perhatian khusus bukan?

Sajian di pesta pernikahan, selalu menjadi hal yang dibicarakan oleh para tamu undangan. Bagaimanapun konsep dan juga acara pernikahan yang akan digelar nanti, makanan menjadi sebuah nilai lebih yang membutuhkan penanganan khusus dalam acara tersebut. Jangan sampai tamu kecewa dan pulang dengan rasa tidak puas pada sajian yang Anda suguhkan, di mana hal tersebut justru menjadi sebuah kenangan yang tidak menyenangkan bagi mereka.

Untuk itu, siapkan waktu dan perhatian untuk mengurus hal tersebut dengan baik sejak awal, sehingga pesta pernikahan Anda berjalan lancar dengan berbagai sajian yang tepat dan sesuai dengan keinginan Anda dan pasangan.

Masak Sendiri atau Katering?

katering pernikahan

Katering Pernikahan via shutterstock.com

 

Terkait dengan persiapan makanan di pesta pernikahan, maka Anda akan dihadapkan pada dua pilihan utama, yakni: masak sendiri atau menggunakan layanan katering yang lebih praktis. Kedua hal ini tentu akan memiliki sejumlah kelebihan dan juga kekurangan, di mana mungkin akan membutuhkan berbagai pertimbangan yang matang, sebelum akhirnya memilih cara yang paling tepat untuk persiapan makanan di acara pernikahan.

Beberapa orang mungkin akan memilih cara yang mudah dan praktis dalam mempersiapkan makanan di acara pestanya, yakni dengan menggunakan layanan katering. Namun, layanan katering juga tidak selalu tepat dan sesuai dengan harapan, sehingga belum tentu hal ini juga cocok bagi Anda dan pasangan.

Dalam memilih penanganan makanan di acara pernikahan Anda nanti, maka setidaknya harus mempertimbangkan beberapa poin di bawah ini:

1. Waktu dan Proses

waktu dan proses

Waktu dan Proses via shutterstock.com

 

Anda dan pasangan mungkin saja memiliki sejumlah kesibukan yang luar biasa, bahkan ketika sedang mempersiapkan pesta pernikahan ini. Hal seperti inilah yang seringkali membuat beberapa pasangan mengambil keputusan untuk memilih berbagai hal praktis di dalam pernikahan mereka, termasuk dalam pemilihan dan persiapan makanan yang akan disuguhkan bagi para tamu undangan.

Jika Anda serta keluarga lainnya memiliki sejumlah kesibukan yang cukup padat, maka pilihan untuk menggunakan layanan katering akan sangat tepat. Hal ini tentu bisa membuat urusan makanan di acara pernikahan menjadi lebih praktis dan mudah, hanya perlu mencari informasi yang akurat mengenai layanan katering berkualitas dan profesional, lalu melakukan beberapa kegiatan test food bersama dengan pasangan atau anggota keluarga lainnya yang dapat membantu Anda memilih berbagai menu terbaik untuk acara tersebut.

Hal ini tidak akan membutuhkan waktu yang lama, sebab bisa melakukannya di sela-sela kesibukan bekerja. Dalam beberapa kali test food saja, Anda mungkin sudah akan menemukan layanan katering yang paling tepat dan sesuai dengan pilihan, sehingga bisa menghemat banyak waktu serta tenaga untuk mengurus urusan makanan tersebut.

Namun jika ternyata memutuskan untuk memasak sendiri, maka proses ini tentu akan membutuhkan perhatian yang jauh lebih rumit lagi. Anda harus menemukan tim khusus yang bisa menangani semua urusan makanan ini, biasanya terdiri dari kepala koki dan beberapa orang lainnya yang akan membantunya untuk mengolah berbagai bahan makanan yang ada.

Anda harus memilih beberapa menu dan mencobanya terlebih dahulu bersama tim ini, sehingga bisa menemukan pilihan menu yang paling tepat. Selain itu, membutuhkan tenaga lainnya untuk mengurusi masalah belanja berbagai bahan dan juga perlengkapan yang akan dibutuhkan untuk berbagai masakan tersebut, hal ini bahkan lebih rumit, mengingat jumlah bahan yang dibutuhkan akan sangat banyak. Semua kegiatan ini tentu akan sangat menguras tenaga dan pikiran, sehingga perhatian tidak bisa fokus pada berbagai urusan lainnya di dalam pernikahan nanti.

2. Biaya

biaya

Biaya via shutterstock.com

 

Katering mungkin akan terkesan mahal bagi sebagian orang, di mana layanan ini memang seringkali dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, tergantung menu yang akan dipilih nanti. Namun, saat ini ada banyak katering dalam bentuk paket dengan harga yang cukup terjangkau, sehingga bisa menggunakan layanan ini dengan lebih murah lagi. Anda dapat mencari dan menemukan layanan katering terbaik dengan berbagai menu yang sesuai, sehingga pesta pernikahan bisa berjalan dengan lancar dan para tamu undangan menyantap dengan nikmat.

Ketika memasak sendiri berbagai menu di dalam pernikahan Anda nanti, maka akan membutuhkan perhitungan yang sangat tepat untuk berbagai kebutuhan sajian tersebut. Jika cerdas dalam mengelola dana yang ada, bisa saja Anda berhemat dan menyajikan berbagai menu dengan tepat.

Namun jika ternyata tidak memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola dana tersebut, maka mungkin saja Anda akan mengalami masalah kekurangan biaya dalam hal ini. Memasak sendiri mungkin bisa memberi kesempatan untuk berhemat, namun sekaligus bisa memberi peluang untuk tekor dan menghadapi pengeluaran yang membengkak.

Bukan hanya itu saja, pilihan memasak sendiri juga akan membawa Anda pada sejumlah pengeluaran lainnya, seperti: biaya peralatan masak, biaya peralatan penyajian, serta berbagai biaya lainnya.

3. Rasa dan Menu

rasa dan menu

Rasa dan Menu via shutterstock

 

Menggunakan layanan katering, akan memberikan kesempatan untuk menyajikan berbagai menu pilihan yang sesuai dengan keinginan, sebab jasa katering memang profesional dan ahli dalam bidang tersebut. Anda juga akan dimungkinkan untuk memilih berbagai menu yang khas dan sesuai dengan keinginan, di mana bisa lebih leluasa memilih atau bahkan meminta layanan katering untuk menyajikan pilihan tersebut.

Anda bisa memilih berbagai menu andalan katering, yang pada dasarnya memang menjadi menu favorit bagi banyak orang, mengingat katering tentu telah menangani banyak acara sebelum acara nanti. Rasa makanan yang disajikan katering juga mungkin akan lebih sesuai bagi selera orang banyak, sebab mereka memiliki pengalaman yang baik dalam menyediakan aneka masakan di dalam berbagai acara yang mereka tangani selama ini.

Jika dilihat dari hal tersebut, maka pilihan untuk menggunakan tim masak tentu cukup berisiko, sebab bisa saja hanya akan dimungkinkan untuk memilih beberapa menu yang terbatas. Dalam hal ini Anda mungkin tidak akan leluasa memilih berbagai menu yang diinginkan, sebab tim masak yang dibuat belum tentu bisa mengolah berbagai menu yang diinginkan dengan baik. Bukan hanya itu saja, rasa makanan juga bisa saja tidak sesuai dengan keinginan.

4. Konsep Penyajian

konsep penyajian

Konsep Penyajian via shutterstock.com

 

Agar penampilan katering pernikahan terlihat menarik di mata para tamu, maka konsep penyajian yang matang juga perlu Anda dan pasangan pikirkan. Biasanya konsep penyajian makanan bisa disesuaikan dengan tema pesta pernikahan, baik disediakan langsung di meja para tamu mulai dari makanan pembuka sampai makanan penutup atau secara prasmanan dimana para tamu bisa langsung mengambil sendiri makanan yang sudah disediakan.

Pertimbangkan Biaya dan Tenaga

Ketika mempersiapkan pernikahan, makanan adalah salah satu poin penting yang patut Anda persiapkan dengan maksimal. Pilihan untuk memasak atau menggunakan layanan katering, tentu harus Anda lakukan dengan penuh pertimbangan. Jumlah biaya dan tenaga menjadi dua hal penting yang patut Anda pertimbangkan untuk urusan tersebut, agar acara pernikahan Anda bisa berjalan dengan lancar dengan aneka sajian yang tepat.

Loading...