Baby Room Di Tempat Umum

Tips Cara Mengajak Bayi Liburan

Halo mom and dad! Memiliki bayi memang memberi kebahagiaan tersendiri bagi orang tua. Namun, ketika hendak mengajak bepergian, bisa memunculkan kebingungan tersendiri. Nah, supaya bayi senang, ortu senang, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Berikut ini tips mengajak bayi liburan 😀

Sediakan car seat

car-seat-bayi-murah

Car seat akan memberi kenyamanan, baik pada bayi maupun orang tua. Dengan car seat, orang tua tidak perlu kelelahan memangku bayi, dan bayi pun bisa duduk aman dan nyaman. Car seat dijual dalam berbagai ukuran, mengingat bayi atau anak batita sangat cepat tumbuh.

Stroller Portable

stroller_backpack_portable

Agar tidak lelah menggendong saat di tempat tujuan, bawalah stroller yang bisa dilipat dan tidak memakan tempat di mobil. Pilih juga model stroller yang tidak sulit dibawa.

Pastikan tempat tujuan memiliki baby room

baby-room-di-tempat-umum

Saat ini, banyak tempat wisata yang menyediakan fasilitas baby room untuk keperluan mengganti popok hingga menyusui. Jika memang tempat wisata tidak memiliki fasilitas tersebut, gunakan tempat tertutup yang bersih guna mengurus keperluan bayi.

Berhenti beberapa saat

Jika melakukan perjalanan darat dengan mobil, ada baiknya jika berhenti beberapa kali di tempat yang layak. Bayi juga lelah jika harus berada terlalu lama di dalam mobil. Turun sebentar dari mobil bisa memberinya udara segar dan menjadi kesempatan untuk mengganti popok atau menyuapi makanan.

Sediakan penyimpanan untuk ASI dan makanan bayi

professional-design-Fabric-Breast-Milk-Storage-lunch-box-Travel-Portable-big-women-sport-bag

ASI dan makanan selama perjalanan harus tetap ada dan terjaga kualitasnya. Jika menggunakan ASI perasan, simpan ASI di ice box atau penyimpanan yang bisa menjaga suhu. Demikian pula makanan atau susu bubuk. Sediakan termos air panas agar pembuatan makanan bisa lebih efisien.

Sesuaikan gaya liburan dengan kondisi bayi

Inilah tanggung jawab dan komitmen orang tua. Perlu diingat, ini liburan keluarga, bukan liburan para lajang. Jadi, jangan hanya mementingkan kesenangan diri sendiri dan melupakan bayi. Misalnya, mengajak bayi ke gunung yang penuh debu vulkanis atau pantai yang panas menyengat. Bayi akan tidak nyaman dan bisa terserang gangguan kesehatan. Pilihlah lokasi dan konsep yang ramah bayi.

Okesip.