Punya Anak Balita? Berikan Susu Morinaga Chil Kid

morinaga chil kid

Setelah melewati usia satu tahun, anak bisa diberikan asupan susu lain selain ASI. Anda bisa memberikan susu formula pada anak balita, salah satunya susu dari Morinaga Chil Kid.

Susu Morinaga adalah susu yang diformulasikan khusus untuk anak-anak. Susu ini dilengkapi dengan berbagai nutrisi yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh anak di masa tumbuh dan berkembang.

Panduan memberikan susu Morinaga Chil Kid pada anak

Memberikan susu pada anak tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Meskipun susu mendatangkan banyak manfaat, tapi bila dikonsumsi dengan cara yang salah, maka akan menimbulkan dampak negatif.

Perhatikan hal-hal ini ketika akan memberikan susu Morinaga pada anak Anda:

1. Diberikan untuk anak usia 1-3 tahun

Perlu diingat, susu Morinaga Chil Kid hanya boleh diberikan untuk anak dalam rentang usia 1-3 tahun. Jangan berikan susu ini pada anak yang masih belum genap berusia 1 tahun, atau sudah melewati usia 3 tahun.

Anak dalam rentang usia ini umumnya hanya diperbolehkan untuk mengonsumsi susu maksimal 700 ml setiap harinya. Oleh sebab itu, ketika memberikan susu pada anak, perhatikan takarannya.

2. Jangan melebihi dosis yang dianjurkan

Sama seperti ketika memberi obat, pastikan Anda tidak memberikan susu Morinaga dalam jumlah yang terlalu banyak pada anak Anda. Anda bisa mencari tahu takaran yang dianjurkan melalui kemasan susu.

Umumnya, susu Morinaga dianjurkan untuk diberikan kepada anak dalam ukuran sekitar 60 ml sampai dengan 100 ml sekali minum. Jumlah ini bisa didapatkan dengan mencampurkan bubuk susu ke dalam air.

3. Sajikan dengan hangat

Meskipun minuman yang dingin terasa segar, tapi hal ini tidak baik untuk kesehatan anak Anda. Ketika akan memberikan susu Morinaga Chil Kid, pastikan Anda menggunakan air panas.

Anda bisa menyiapkan air panas terlebih dahulu di sebuah wadah. Kemudian, campurkan bubuk susu ke dalam air panas tersebut. Aduk sampai susu larut dalam air dan merata dengan sempurna. 

4. Perhatikan cara penyimpanan

Sebelum memberikan susu Morinaga pada anak, selalu perhatikan tanggal kadaluwarsa produk. Jangan sampai, Anda mengabaikan hal ini dan memberikan susu yang kualitasnya sudah buruk kepada anak.

Selain itu, perhatikan juga cara Anda menyimpan kemasan susu. Simpanlah di tempat yang sejuk, di bawah suhu ruangan. Pastikan kemasan susu tidak mudah terjangkau oleh sinar matahari.

5. Alergi susu pada anak

Beberapa anak mungkin tidak bisa meminum susu secara sembarangan. Ada anak yang bisa mengalami reaksi alergi karena susu menjadi pemicu alerginya.

Biasanya, alergi susu akan mudah dideteksi ketika anak mengalami gejala berikut: 

  • Gatal-gatal dan bercak di kulit
  • Masalah pencernaan
  • Anak merasa sakit ketika menelan
  • Tinja berdarah ketika buang air besar
  • Alergi hidung, seperti hidung meler dan mata berair
  • Sakit perut

Apabila anak mengalami gejala di atas setelah mengonsumsi susu Morinaga Chil Kid, sebaiknya segera hentikan pemakaian. Kemungkinan besar, ada kandungan dalam produk susu ini yang memicu reaksi alergi pada anak Anda.

Ketika anak mengalami alergi susu, cara paling tepat untuk mengatasinya adalah membawa anak berobat ke dokter. Dokter bisa membantu memeriksa kondisi anak, mendiagnosa tingkat keparahan reaksi alergi pada anak Anda.

Selain itu, dokter juga bisa memberikan upaya perawatan serta merekomendasikan pilihan susu lain untuk menggantikan Morinaga Chil Kid yang lebih aman untuk alergi anak.

Sumber:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/296564#risks
https://www.verywellhealth.com/is-your-baby-allergic-to-milk-1324035
https://www.healthline.com/health/childrens-health/how-much-milk-should-a-toddler-drink#recommended-amount

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *