Pilihan Santapan Sehat untuk Makan Sebelum Tidur

makan sebelum tidur

Makan sebelum tidur kerap diidentikkan dengan kebiasaan buruk. Pasalnya, berbagai risiko masalah kesehatan dapat Anda hadapi ketika memilih langsung tidur segera setelah makan. Namun sebenarnya, makan sebelum tidur bisa tidak semerugikan itu jika dilakukan dengan tepat. 

Makan sebelum tidur dapat menjadi lebih aman asalkan Anda tetap memberikan jeda waktu sekitar 1—2 jam sebelum akhirnya berbaring. Bukan hanya itu, pemilihan jenis makanan atau minuman yang tepat juga bisa menentukan seberapa aman kebiasaan makan sebelum tidur Anda bisa tecipta. 

Tidak semua makanan cocok untuk dijadikan menu makan sebelum tidur. Namun, beberapa jenis makanan lain, seperti di bawah ini, justru bisa sangat efektif membuat tidur Anda lebih berkualitas! 

Teh Chamomile

Teh herbal yang dianggap sebagai salah satu yang tebraik adalah teh chamomile. Jenis teh ini bisa mengurangi peradangan di dalam tubuh sekaligus mengurangi kecemasan dan depresi. Teh chamomile pun menjadi sangat baik untuk menjadi minuman sebelum tidur karnea mengandung apigenin. Ini merupakan jenis antioksidan yang dapat membuat Anda merasa mengantuk sehingga mengurangi risiko insomnia. 

Kacang Almond 

Berbagai jenis kacang-kacangan sebenarnya merupakan makanan sebelum tidur yang baik. Khususnya almond, jenis kacang ini bisa membuat kualitas tidur meningkat. Ini karnea almond dapat merangsang hormon melatonin yang mengatur waktu tidur. Bukan hanya itu, kacang almond juga kaya akan magnesium yang sangat efektif mengurangi gangguan tidur. Anda tidak akan menyesal mengemil almond sebelum tidur karena bisa merasa lebih segar di keesokan harinya. 

Ikan Berlemak 

Berbagai jenis ikan laut yang berlemak juga direkomendasikan untuk menjadi makanan sebelum tidur. Ini karena ikan laut berlemak memiliki kombinasi asam lemak omega 3 dan vitamin D. Kedua nutrisi ini berpotensi meningkatkan kualitas tidur karena terbukti bisa merangsang produksi serotonin. Ini bisa membuat Anda merasa senang dan tenang sehingga tidur pun menjadi lebih nyenyak. 

Pisang 

Buah yang cocok Anda makan sebelum tidur adalah pisang. Buah berwarna kuning ini merupakan sumber magnesium yang luar biasa. Di mana ketika Anda mendapatkan sumber magnesium sebelum tidur, Anda dapat memperoleh tidur malam yang lebih lelap. 

Kiwi 

Buah lainnya yang sangat disarankan dikonsumsi sebelum tidur adalah kiwi. Buah ini tidak hanya kaya vitamin C setara dengan buah jeruk. Buah kiwi juga bisa membuat tidur Anda lebih cepat! Tidak tanggung-tanggung, dalam sebuah penelitian diperoleh fakta bahwa orang-orang yang makan kiwi menjelang waktu tidur akan lebih cepat terlelap 42 persen daripada mereka yang tidak. Bukan hanya itu, kiwi juga bisa membuat Anda tidak mudah terbangun ketika malam. 

Madu 

Madu adalah makanan ajaib yang membuat segalanya lebih baik, termasuk untuk persoalan tidur Anda. Cukup mengonsumsi satu sendok madu sebelum tidur akan membuat Anda merasa lebih tenang dan lebih mudah tertidur.  Ini karena madu mengandung gula alami yang cukup untuk mengisi kembali kadar glikogen di hati Anda sehingga mematikan hormone orexin yang biasa membuat Anda sulit tidur. Bukan hanya itu, madu juga membantu meningkatkan kadar insulin darah yang mengarah pada pelepasan melatonin. Adanya hormon ini bisa meningkatkan aliran triptofan ke otak dan membuat tidur Anda lebih nyenyak.

Nasi Putih

Banyak orang menghindari menyantap nasi putih untuk dimakan sebelum tidur. Padahal, nasi putih termasuk dalam jenis makanan yang baik dikomsumsi sebelum tidur. Ini karena nasi putih kaya akan karbohidrat yang dianggap dapat meningkatkan rasa kenyang dan ketenangan sehingga dapat mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan untuk tertidur. 

Jangan lupa, walaupun berbagai makanan di atas baik dikomsumsi sebelum tidur, Anda juga harus memberi jeda terlebih dahulu antara makan dan tidur. Dengan demikian, makan sebelum tidur akan menjadi lebih aman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *