Menimbang Manfaat dan Bahaya Minuman Keras

Minuman keras yang mengandung alkohol diperbolehkan untuk dikonsumsi untuk orang dewasa berusia 21 tahun ke atas. Tentu tak sedikit orang mengetahui bahaya minuman keras bagi kesehatan.

Tetapi pada kenyataannya, alkohol juga memiliki manfaat yang sama baiknya untuk tubuh jika dikonsumsi dalam batas yang wajar. 

Hepatitis alkoholik bisa menyebabkan kerusakan hati yang parah

Sebaiknya, alkohol dikonsumsi tidak lebih dari 140 mililiter kadar alkohol murni per minggu. Kalau lebih dari batas itu, bisa membuat mabuk dan membahayakan kesehatan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini manfaat dan bahaya minuman keras bagi kesehatan. 

Manfaat Alkohol

Di sisi bahaya minuman keras, ternyata banyak penelitian yang menemukan manfaat alkohol bagi tubuh. Berbagai klaim tentang manfaat hanya berlaku pada konsumsi yang wajar dan cenderung sedikit, bukan yang berlebihan.

Apa saja manfaat minuman keras jika Anda mengonsumsinya sesuai batas yang dianjurkan? 

1. Menambah Jumlah Kolesterol Baik 

Selama Anda mengonsumsinya tidak dalam jumlah yang berlebihan, alkohol bisa meningkatkan kadar kolesterol baik alias HDL di dalam tubuh.

Manfaat ini dapat dirasakan jika Anda sehat dan tidak memiliki riwayat penyakit lainnya. Dengan naiknya HDL, maka risiko Anda terkena penyakit seperti serangan jantung dan stroke akan berkurang.

2. Mencegah Diabetes

Tahukah Anda minum alkohol jenis tertentu dalam batas jumlah wajar ternyata bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan membuat kerjanya jadi lebih maksimal? Anggur merah atau red wine, dianggap dapat membantu menurunkan berat badan dan menyingkirkan lemak di tubuh. 

Sebab, minuman ini mengandung polifenol, sebuah senyawa yang memang baik untuk mendukung penurunan berat badan. Kalori red wine juga tidak terlalu besar, terutama jika dibandingkan dengan soda.

3. Mengurangi Risiko Terjadinya Demensia

Ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa mengonsumsi alkohol dalam batas tertentu bisa membantu mencegah terjadinya demensia dan gangguan kognitif lainnya. 

Selain itu, orang yang mengonsumsi alkohol dalam batas wajar disebut lebih mudah rileks ketika bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain.  

4. Meningkatkan Hormon Kebahagiaan

Manfaat minuman mengandung alkohol satu ini berkaitan dengan meningkatnya kadar testosteron atau hormon seks laki-laki. Artinya, mereka menjadi lebih bergairah saat di ranjang.

Tak hanya bagi laki-laki, manfaat ini juga dirasakan oleh perempuan. Sejumlah penelitian menyebutkan, perempuan yang mengonsumsi satu atau dua gelas red wine per hari memiliki lebih banyak gairah seksual. Selain itu, mereka juga lebih bisa merasakan kepuasan seksual di ranjang.

Selain Manfaatnya, Ketahui Juga Bahaya Minuman Keras

Yang perlu ditekankan, manfaat alkohol tersebut hanya berlaku jika Anda mengonsumsinya dalam batas wajar. Jika berlebihan, Anda akan merasakan bahaya minuman keras hingga berisiko terkena berbagai penyakit kronis. 

Berikut ini sederet bahaya minuman keras yang harus Anda perhatikan:

  • Gangguan hati (liver)
  • Mengonsumsi alkohol berlebih pada saat hamil bisa memicu timbulnya malformasi pada janin. 
  • Stroke
  • Tekanan darah tinggi atau hipertensi
  • Kerusakan hati
  • Gagal jantung
  • Peningkatan risiko kanker payudara, mulut, esofagus, dan hati
  • Pankreatitis atau radang pankreas
  • Jika sudah terlalu banyak, alkohol justru bisa membuat pria mengalami masalah seksual, seperti impotensi.
  • Kematian mendadak, terutama jika memiliki riwayat penyakit jantung
  • Peningkatan risiko kecelakaan dan keinginan bunuh diri
  • Kerusakan otak dan kecacatan lahir pada bayi di dalam kandungan
  • Gejala putus alkohol

Melihat bahaya minuman keras yang lebih banyak, Anda diharuskan menikmati alkohol secara bertanggung jawab. Selain dianjurkan dikonsumsi oleh mereka yang sudah berusia 21 tahun ke atas, Anda juga tidak dianjurkan minumnya secara berlebihan ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *