Keuntungan Melakukan Tes Corona dengan Rapid Test Antigen

Dari beberapa pilihan tes corona yang tersedia, rapid test antigen adalah jenis tes yang paling umum dilakukan. Dibandingkan dengan jenis tes lainnya, tes yang satu ini memiliki beberapa kelebihan, meskipun ada juga beberapa kekurangannya. 

Anda bisa menyesuaikan jenis tes yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Rapid test antigen cocok dilakukan bagi Anda yang menginginkan pemeriksaan praktis dengan hasil yang cepat. 

Manfaat menggunakan rapid test antigen untuk tes corona

Ada beberapa kelebihan yang membuat rapid test antigen hingga saat ini masih sering dilakukan. Kelebihan itu berupa: 

  • Hasil yang cepat

Terkadang, ada beberapa situasi yang membuat Anda tidak bisa menanti hasil pemeriksaan terlalu lama. Dibandingkan dengan tes yang melibatkan pengujian sampel di laboratorium, rapid test bisa mengeluarkan hasil yang jauh lebih cepat. 

Tes laboratorium biasanya baru bisa mengeluarkan hasil setelah beberapa hari. Sementara, rapid test antigen bisa memberikan hasil hanya dalam hitungan menit saja. 

  • Mudah digunakan 

Karena tidak melibatkan pengujian di laboratorium, rapid test antigen bisa dilakukan oleh siapa saja. Bahkan, Anda pun bisa melakukan tes corona jenis ini secara mandiri di rumah.

Ada banyak alat pemeriksaan rapid test antigen yang dijual secara bebas. Anda tidak perlu mengunjungi fasilitas kesehatan untuk melakukan pemeriksaan. 

  • Harga lebih terjangkau

Selain praktis, mudah, dan cepat, rapid test antigen juga jauh lebih terjangkau. Pemerikasan laboratorium bisa memakan biaya ratusan hingga jutaan rupiah. Sementara, alat rapid test antigen bisa dibeli dengan harga di bawah Rp100.000.

Karena itu, alat rapid test antigen juga lebih mudah diakses oleh semua masyarakat dari berbagai macam kalangan. 

Manfaat-manfaat di atas tidak akan Anda dapatkan ketika memilih jenis tes corona lainnya. Jadi, jika ingin merasakan manfaat di atas, maka gunakanlah alat rapid test antigen. 

Risiko melakukan pemeriksaan sendiri di rumah

Rapid test antigen memang bisa dilakukan sendiri di rumah, karena pemakaiannya sangat mudah dan harganya pun terjangkau. Tapi, pemeriksaan mandiri tidak terlepas dari kemungkinan risiko seperti: 

  • Hasil positif atau negatif yang palsu

Perlu diketahui, rapid test antigen tidak memiliki akurasi yang sama tingginya dengan pemeriksaan di laboratorium. Tes ini mendeteksi keberadaan antigen, yaitu racun dalam darah yang berasal dari bakteri atau virus. Tapi, antigen yang diuji tidak selalu berfokus pada antigen dari virus corona saja. 

Bisa saja, pemeriksaan menunjukkan hasil positif, padahal Anda tidak terinfeksi virus corona. Ini terjadi karena antigen yang terdeteksi adalah antigen dari virus lain.

Anda juga bisa saja dinyatakan negatif karena kurangnya jumlah virus yang ada pada sampel. Padahal, sebenarnya Anda sudah terinfeksi. 

  • Kesalahan pengambilan sampel

Melakukan tes corona sendiri di rumah juga berisiko menyebabkan kesalahan pengambilan sampel. Hal ini wajar, karena Anda bukanlah tenaga medis profesional yang memiliki pengetahuan dalam cara pengambilan sampel yang benar.

Apabila Anda tidak mempersiapkan diri dengan tepat, bisa saja Anda mengambil sampel secara keliru, sehingga antigen virus tidak terdeteksi melalui alat rapid test antigen yang digunakan. 

Ada baiknya, Anda mempelajari cara pemakaian alat rapid test antigen dengan seksama. Mintalah panduan dari apoteker, dokter, atau tenaga medis lainnya sebelum membeli alat tersebut. 

Apabila tidak yakin dengan hasil rapid test antigen Anda, maka Anda bisa melakukan tes corona lanjutan dengan pengambilan sampel untuk pengujian di laboratorium. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *