Ketahui Penyebab Badan Sakit Semua Saat Bangun Tidur

Setelah melakukan aktivitas seharian, tubuh tentu membutuhkan istirahat. Tidur yang cukup bisa membuat badan segar kembali dan mengumpulkan energi untuk keesokan hari. Namun, tidak jarang justru badan sakit semua saat bangun tidur pada pagi harinya. Salah satu penyebabnya yaitu tidur terlalu dekat dengan kipas angin.

Obat meriang bertujuan untuk meringankan demam dan gejala lainnya

Tujuannya agar tidur lebih lelap dengan angin yang sejuk, tetapi malah membuat tubuh terasa nyeri. Paparan angin secara terus menerus semalaman akan membuat otot kaku dan tegang. Ada beberapa penyebab badan sakit semua saat bangun tidur lainnya, di antaranya yaitu:

Salah Posisi Tidur

Posisi tidur yang salah bisa membuat badan sakit semua saat bangun tidur. Terlebih jika berada dalam satu posisi dalam waktu yang cukup lama, bisa menambah ketegangan otot yang menyebabkan rasa pegal pada beberapa bagian tubuh. Misalnya leher, tengkuk, bahu, pinggang, dan punggung bagian belakang. Beberapa posisi tidur yang bisa menyebabkan tubuh tegang dan pegal seperti badan terlalu menekuk, posisi kepala yang terlalu miring dan membuat leher tertekuk, atau tengkurap semalaman.

Kasur Tidak Nyaman

Badan sakit semua saat bangun tidur pagi hari juga bisa disebabkan karena alas tidur yang digunakan. Kasur dan bantal yang tidak nyaman akan membuat tubuh tidak bisa relaksasi sepenuhnya pada malam hari. Akibatnya, badan tidak mendapat istirahat yang cukup dan justru membuat tubuh terasa kaku dan pegal. Beberapa penyebab kasur tidak nyaman misalnya seperti kasur dan bantal terlalu keras, kasur kotor dan menyebabkan gatal-gatal, hingga sprei yang digunakan terbuat dari bahan yang kasar dan panas.

Beraktivitas Terlalu Berlebihan

Melakukan pekerjaan berat atau aktivitas yang berlebihan pada sehari sebelumnya akan membuat badan sakit semua saat bangun tidur keesokan harinya. Otot-otot tubuh yang bekerja lebih keras untuk menggerakan anggota tubuh dapat menimbulkan rasa pegal serta membuat otot terasa tegang dan kaku. Misalnya, berolahraga dengan waktu yang lebih lama dari biasanya atau menambah beban dari rutinitas olahraga yang biasa dilakukan. Terlebih jika Anda baru pertama kali melakukan olahraga setelah sekian lama.

Kekurangan Asupan Vitamin

Jika badan sakit semua dan terasa pegal saat bangun tidur meski tidak melakukan pekerjaan atau aktivitas yang berat pada hari sebelumnya, maka kemungkinan karena tubuh kekurangan asupan vitamin, seperti vitamin B1 dan vitamin D. vitamin B1 dibutuhkan agar otot bisa menerima sinyal untuk rileks dan kontraksi sehingga membuat tubuh bisa bergerak dengan bebas. Sedangkan vitamin D dibutuhkan untuk membantu proses penyerapan kalsium, untuk menghindari timbulnya rasa sakit dan pegal pada area sekitar otot dan tulang.

Kondisi Medis Tertentu

Selain karena faktor eksternal, badan sakit semua saat bangun tidur juga bisa disebabkan karena adanya kondisi kesehatan tertentu. Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan gejala badan sakit semua di antaranya yaitu:

  • Anemia, kekurangan sel darah merah membuat pasokan oksigen dalam tubuh juga berkurang da memengaruhi badan sakit semua saat bangun tidur
  • Rematik, merupakan radang sendi yang diakibatkan penyakit autoimun dan memicu rasa nyeri pada tubuh, termasuk saat bangun di pagi hari
  • Fibromyalgia, merupakan kondisi Ketika otot dan tulang terasa pegal dan lelah yang dapat dipicu oleh infeksi, stress, atau trauma fisik
  • Multiple sclerosis, kondisi autoimun yang menyebabkan peradangan pada sel-sel saraf dan mengganggu sinyal tubuh, sehingga memicu badan sakit serta pegal
  • Chronic fatigue syndrome, kondisi yang membuat tubuh terasa lemas meski sudah istirahat lama, bisa menyebabkan insomnia, sehingga badan sakit semua

Umumnya, badan sakit semua saat bangun tidur bisa pulih setelah beberapa jam. Namun, jika disebabkan oleh gangguan Kesehatan tertentu, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *