Kapan Saat Tepat untuk Membuat dan Mengirim Undangan Pernikahan?

Satu dari sekian detail terkait mempersiapkan pernikahan adalah membuat kartu undangan dan menentukan kapan kartu tersebut disampaikan.

Membuat kartu undangan menjadi bagian penting dari persiapan pernikahan. Anda tentu mempunyai ide desain yang ingin diwujudkan dalam kartu undangan tersebut, mungkin senada dengan konsep pernikahan yang Anda tentukan.

Dalam praktiknya, meski memutuskan bekerja sama dengan jasa pembuat kartu undangan, membuatnya pun membutuhkan waktu yang tak sebentar, apalagi jika Anda akan mengundang banyak tamu undangan.

Karena itu, perlu persiapan juga dalam membuat kartu undangan, selain dari sisi desain dan jumlah, Anda pun mesti memperhatikan detail terkait keakuratan data soal jadwal, lokasi, dan nama-nama dalam kartu undangan.

Selain itu, ke depannya, setelah kartu-kartu undangan itu selesai dibuat, Anda pun mesti memikirkan kapan saat yang tepat untuk mengirimnya.

Mengirim undangan pernikahan Anda berarti bahwa segala sesuatunya akan menjadi nyata, hari besar Anda semakin dekat, dan Anda akan segera mengetahui siapa yang akan menghadiri perayaan tersebut.

Terkait hal itu, berikut ini adalah panduan kapan saat yang tepat untuk membuat dan menyebarkan kartu undangan pernikahan.

1. Waktu tepat untuk membuat kartu undangan

Menyediakan waktu yang cukup luang untuk membuat kartu undangan bisa menjadi pilihan yang bijak. Jangan remehkan terkait salah satu elemen dari persiapan pernikahan ini.

Kartu undangan bisa menjadi kesan awal dari pernikahan Anda, tak perlu bermewah-mewah, tetapi lebih kepada makna atau esensi yang ingin Anda sampaikan.

Jadi, kapan sebaiknya saat yang tepat untuk membuat kartu undangan pernikahan?

Bagaimanapun, persiapan yang matang bisa menjadi kunci. Jika telah menentukan tanggal pernikahan, sebaiknya Anda mulai mempersiapkan undangan.

Dalam praktinya, Anda pun akan dihadapkan pada pilihan desain atau detail terkait kartu undangan. Karena itu, lima atau enam bulan sebelum dari tanggal pernikahan bisa menjadi pilihan. Intinya, jangan terlalu mepet dengan tanggal pernikahan.

2. Saat yang tepat untuk mengirim undangan

Setelah mendapat kartu undangan yang sesuai dengan keinginan, langkah berikut yang mesti Anda pikirkan adalah terkait waktu untuk menyebarkan undangan tersebut.

Terkait hal ini, kembali ke inti tadi, yakni menghindari pengiriman undangan terlalu dini atau terlalu terlambat.

Meski tak ada aturan pasti terkait kapan saat tepat untuk mengirimkan undangan, memperkirakan agar para calon tamu bisa menyiapakan waktunya bisa menjadi pilihan tepat.

Umumnya, Anda bisa menggolongkan tamu yang berasal dari satu kota (dekat) dan luar kota sehingga bisa membuat perkiraan saat tepat untuk mengirim kartu undangan.

Untuk tamu yang satu kota (dekat)

Untuk tamu yang dalam satu kota, Anda bisa mulai menyebarkan kartu undangan dua minggu menjelang hari H pernikahan.

Yang perlu diingat juga, Anda pun tentu membutuhkan waktu untuk menyebarkan undangan tersebut, tak dapat selesai dalam satu hari.

Minimalnya, satu minggu sebelum pernikahan, kartu undangan itu sudah di tangan para calon tamu resepsi pernikahan Anda.

Untuk tamu di luar kota

Hal ini tentu berbeda dengan tamu yang berada di satu kota. Butuh waktu yang lebih bagi calon tamu luar kota untuk bersiap agar bisa menghadiri pernikahan Anda.

Hal itu terkait dengan transportasi, bahkan mungkin tempat menginap yang harus mereka persiapkan.

Karena hal itu, jika Anda berencana untuk mengundang tamu yang tinggal di luar kota, waktu ideal untuk mengirim undangan pernikahan adalah sekitar satu bulan sebelumnya.

Loading...