Imunogard Kids, Jaga Daya Tahan Tubuh Anak Selama Masa Pemulihan

Sistem kekebalan tubuh berfungsi untuk menjaga tubuh agar terlindungi dari berbagai penyebab penyakit sehingga tubuh tetap sehat dan kuat. Namun ada beberapa waktu dimana sistem imun melemah dan menyerang benteng pertahanan. Hal ini bisa menyebabkan berbagai masalah, terutama pada anak-anak.

Sistem imun pada anak-anak belum sekuat orang dewasa, sehingga infeksi virus atau bakteri bisa menyebabkan kekambuhan. Agar daya tahan tubuh si kecil tetap terjaga, Anda bisa memberikannya Imunogard Kids. 

Apa perbedaan Imunogard Kids dengan suplemen imun lain?

Imunogard Kids merupakan salah satu merek suplemen yang diproduksi oleh Puspa Pharma atau PT. Jamu Puspo Internusa. Puspa Pharma adalah salah satu perusahaan medis di Indonesia yang memproduksi dan memasarkan obat atau suplemen berbahan herbal, termasuk Imunogard Kids. 

Imunogard Kids terbuat dari tanaman herbal yang telah teruji secara klinis dapat meningkatkan daya tahan tubuh (imunomodulator). Jika suplemen imun lain bisa dikonsumsi dalam kondisi sehat, sakit, atau pasca sakit, Imunogard Kids diindikasikan untuk memperbaiki dan meningkatkan kekebalan tubuh pada anak yang sedang sakit, terutama yang sering mengalami kekambuhan. 

Kandungan dalam obat

Imunogard Kids berbentuk sirup dengan rasa buah yang disukai anak. Imunogard Kids terbuat dari tanaman herbal yang memiliki kemampuan dalam membantu meningkatkan kekebalan tubuh (imunomodulator), seperti

  • Ekstrak tanaman coneflower (Echinacea extract) 250 mg
  • Ekstrak buah elderberry hitam (Black Elderberry extract) 250 mg
  • Ekstrak meniran hijau (Phyllanthus niruri extract) 25 mg

Selain itu juga diperkaya vitamin C, selenium, dan zinc picolinate. Vitamin C memiliki sifat antioksidan kuat untuk melindungi tubuh dari penyakit sekaligus mempercepat pemulihan. Sedangkan zinc picolinate merupakan mineral penting dan diklaim sebagai salah satu bentuk zinc terbaik karena lebih mudah diserap tubuh dibandingkan dengan bentuk lainnya. 

Siapa saja yang bisa mengonsumsi Imunogard Kids?

Imunogard Kids diindikasikan sebagai terapi suportif untuk memperkuat sistem imun anak dengan kondisi infeksi akut atau kronis, atau yang sering mengalami kekambuhan terutama pada saluran napas. Pasien infeksi genital seperti kandidiasi dan vaginitis juga bisa menggunakan obat ini. 

Imunogard Kids aman diberikan pada anak berusia 2 tahun hingga di atas 12 tahun dengan dosis sebagai berikut:

  • Anak usia 2 hingga 6 tahun: 1/2 sendok takar (2,5 ml) sebanyak 1-2 kali sehari, setelah makan
  • Anak usia 6 hingga 12 tahun: 1 sendok takar (5 ml) sebanyak 1-2 kali sehari, setelah makan
  • Anak di atas usia 12 tahun: 1 sendok takar (5 ml) sebanyak 2-3 kali sehari, setelah makan

Efek samping yang harus diwaspadai

Imunogard Kids umumnya aman dikonsumsi selama sesuai dengan dosis dan anjuran pemakaian. Namun pada beberapa anak mungkin mengalami efek samping berikut setelah mengonsumsi Imunogard Kids:

  • Mual dan/atau muntah
  • Sakit perut atau kram perut
  • Diare
  • Terdapat rasa logam di mulut
  • Tanda-tanda reaksi alergi seperti sulit bernapas, gatal-gatal, pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan

Efek samping di atas bersifat ringan dan akan hilang jika penggunaan dihentikan. Namun jika muncul efek samping yang lebih serius seperti muntah atau diare parah, kebingungan, dan kelemahan maka segera hentikan penggunaan dan hubungi dokter. 

Imunogard Kids terbuat dari bahan herbal dengan dosis yang telah disesuaikan sehingga aman dikonsumsi oleh anak-anak. Namun, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum Anda memberikan obat ini kepada si kecil, terutama jika anak Anda menderita penyakit autoimun, mengonsumsi obat antikoagulan dan menerima perawatan lainnya, atau hendak menjalani operasi dalam waktu dekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *