Dokter Kecantikan: Bedanya dengan Dokter Kulit dan Apa Perannya?

Dokter Kecantikan: Bedanya dengan Dokter Kulit dan Apa Perannya?

Banyak perempuan yang mulai peduli akan kesehatan dan kecantikan kulit wajahnya, sehingga biasa mengunjungi klinik kecantikan untuk berkonsultasi perihal kulitnya di mana saat ini klinik kecantikan juga sudah banyak keberadaannya. Dengan mendatangi klinik kecantikan, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kecantikan perihal masalah kulit yang dialami.

Sekarang ini, masih banyak yang tidak bisa membedakan dokter kecantikan dengan dokter kulit dan menganggap keduanya adalah sama walaupun sebenarnya adalah tidak. Peran dokter di bidang kecantikan juga tidak hanya mengadakan konsultasi dokter kecantikan saja, namun juga ada melakukan perawatan.

Siapa yang Dimaksud Dokter Kecantikan?

Dokter kecantikan biasa juga disebut sebagai dokter estetika, yaitu dokter umum yang telah mengikuti pelatihan khusus dengan maksud mendapatkan izin untuk melakukan berbagai proses perawatan dan tindakan non bedah.

Kemudian, dokter ini juga akan membantu menangani permasalahan seputar kecantikan dan biasa bekerja di klinik kecantikan.

Klinik kecantikan sendiri juga tidak selalu dijalankan oleh dokter, bahkan orang biasa yang sudah pernah mengikuti kursus kecantikan juga sudah bisa menjalankan klinik kecantikan.

Namun, dokter yang biasa menjalankan adalah dokter spesialis kulit dan kelamin dan juga dokter umum yang telah menyelesaikan kursus kecantikan.

Dalam melakukan pekerjaannya, biasanya dokter di bidang kecantikan ini akan bekerjasama dengan dokter lain seperti dokter kulit, dokter gizi, dan juga dokter bedah plastik. Tujuan utama dokter estetika hanyalah untuk memperbaiki dan meningkatkan penampilan fisik seseorang serta menangani kulit paling luar saja.

Apa Saja Perbedaan Antara Dokter Kecantikan dan Dokter Kulit?

Dokter kecantikan pada umumnya tidak menjalani pendidikan di bidang kesehatan dan kecantikan kulit terlalu lama, dan selama pendidikan mereka dibekali dengan teori dan juga melakukan praktek serta melatih keterampilan.

Biasanya pelatihan yang diberikan adalah facial, perawatan kulit tubuh, perawat rambut, dan lain sebagainya.

Dokter kecantikan wajah telah menjalani pelatihan khusus untuk memperoleh izin melakukan prosedur perawatan kecantikan, seperti tarik benang, suntik botox, tindakan IPL (intense pulsed light) untuk menangani keriput dan kerutan.

Sedangkan dokter kulit adalah seorang dokter yang sudah menempuh pendidikan spesialis bagian penyakit kulit yang mempelajari ilmu untuk mendiagnosa penyakit kulit serta memiliki otoritas untuk melakukan tindakan operasi pada kulit, permasalahan kulit yang ditangani juga bukan bagian wajah saja namun juga kulit tubuh. Namun, dokter kulit juga bisa menangani prosedur kecantikan.

Jadi, perbedaan dokter kulit dan dokter kecantikan paling mendasar adalah dari pendidikan yang ditempuh, di mana dokter kecantikan termasuk ke dalam dokter umum yang mengikuti kursus kecantikan sedangkan dokter kulit harus menempuh pendidikan spesialis selama kurang lebih lima tahun.

Peran Dokter Kecantikan

Peran dari dokter ini umumnya terbatas sampai melakukan tindakan atau prosedur perawatan saja seperti untuk anti penuaan yang tetap memperhatikan kesehatan kulit pelanggan, kemudian juga hanya bisa memberikan rekomendasi tindakan untuk kulit bagian paling luar dan produk perawatan kulit apa yang sebaiknya digunakan.

Dokter kecantikan wajah dilarang melakukan tindakan yang di luar prosedur perawatan kosmetik atau melakukan tindakan perawatan kulit paling dalam. Jenis perawatan yang boleh dilakukan adalah chemical peeling dan dermabrasi, botox, filler, dan laser resurfacing.

Jika Anda melakukan konsultasi dokter kecantikan pastikan bahwa Anda memberitahu keluhan dan gejala medis yang dirasakan dengan detail pada dokter kecantikan karena akan mempengaruhi perawatan yang akan diberikan pada Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *