Cara Mengobati Bintitan Pada Anak 

Bintitan pada anak dapat disebabkan oleh kurangnya nutrisi

Bintitan pada anak  juga dikenal sebagai hordeolum, adalah benjolan merah, bengkak, dan lunak di kelopak mata. Ini terjadi ketika folikel bulu mata atau kelenjar di dalam garis bulu mata terinfeksi. Meskipun bisa melukai, bintitan biasanya tidak berbahaya dan hilang dengan sendirinya.

Ada dua jenis bintitan: hordeolum eksternal (yang terbentuk di sepanjang bulu mata Anda dan lebih umum) dan hordeolum internal (yang tumbuh dari kelenjar penghasil minyak di dalam kelopak mata Anda dan relatif jarang).

Meskipun tembel bukanlah kondisi anak-anak yang ketat mereka dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia mereka umum terjadi pada anak-anak.

Diagnosis tembel biasanya didasarkan pada tampilan atau rasanya. Gejala tembel meliputi:

  • Benjolan merah di garis bulu mata atas atau bawah yang mungkin terlihat seperti jerawat
  • Pembengkakan di tepi kelopak mata atas atau bawah
  • Kelembutan atau nyeri di tepi kelopak mata
  • Kerak di sepanjang garis bulu mata
  • Goresan atau perasaan ada sesuatu di mata
  • Sensitivitas terhadap cahaya terang

Untungnya, kalazion biasanya tidak disertai rasa sakit atau ketidaknyamanan. Gejala dapat bervariasi secara signifikan untuk setiap individu. Mereka dapat mencakup:

Benjolan teraba di dalam kelopak mata

Kesulitan melihat (jika chalazion berukuran signifikan)

Pembengkakan kelopak mata secara bertahap

Perlu dicatat bahwa jika chalazion tidak diobati, itu bisa menjadi bengkak dan nyeri. Jika ini terjadi, ada baiknya untuk menjadwalkan konsultasi oftalmologis sesegera mungkin. Ingatkan anak Anda untuk sering mencuci tangannya, dan hindari menyentuh atau meremas area tersebut.

Penyebab dan gejala

Bintitan dan hordeola internal pada anak biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus aureus yang ditularkan dari mata dan hidung anak. Dalam kebanyakan kasus, bakteri masuk ke mata melalui tangan yang tidak dicuci atau lensa kontak yang terkontaminasi. Bakteri dapat hidup di kelopak mata atau folikel rambut bulu mata itu sendiri dan mulai tumbuh ketika kelenjar minyak dari folikel rambut tersumbat.

Gejala

Bintitan pada anak muncul sebagai benjolan merah di kelopak mata dan dapat menyebabkan gatal atau robek. Terkadang anak-anak melaporkan perasaan seolah-olah ada sesuatu di mata. Baik tembel dan hordeola internal biasanya menyakitkan. Kelopak mata mungkin terlihat merah dan bengkak. Penglihatan terkadang kabur, dan mata mungkin sensitif terhadap cahaya.

Meskipun chalazia mungkin tampak sebagai benjolan besar yang tidak sedap dipandang jauh di dalam kelopak mata, biasanya tidak menyakitkan. Pada kesempatan langka, jika chalazion menjadi cukup besar, dapat menekan kornea. Jika kalazion berada di kelopak mata bagian atas, dapat menghasilkan berbagai masalah penglihatan termasuk astigmatisme, distorsi lensa yang menyebabkan penglihatan kabur.

Pengobatan Rumahan Untuk Bintitan Pada Anak

Seiring dengan tindakan perawatan di rumah, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan beberapa pengobatan rumahan untuk mempercepat proses pemulihan. Mengingat bahwa tidak ada bukti ilmiah yang cukup untuk mendukung pengobatan ini, tidak ada jaminan bahwa pengobatan ini dapat memberikan bantuan dari bintitan.

1. Kunyit: Bumbu ini dikenal karena sifat antimikrobanya, dan dapat membantu mencegah penyebaran infeksi

Cara: Untuk bintil luar, campurkan sedikit air dengan bubuk kunyit untuk membuat pasta dan oleskan pada bintil. Biarkan selama 15 menit dan bilas. Ulangi ini sampai benjolan mulai memudar.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa mencelupkan waslap ke dalam air kunyit hangat dan mengoleskannya pada mata.

2. Teh Celup: Bukti anekdotal menunjukkan bahwa menempatkan kantong teh di bintil dapat menghilangkan rasa sakit dan pembengkakan.

Cara: Rebus kantong teh dan biarkan dingin. Tempatkan kantong teh dingin di mata anak Anda dan tahan di posisinya selama sepuluh menit. Ulangi ini lima kali sehari.

3. Minyak kelapa: Ini dikatakan memiliki sifat antimikroba dan dapat membantu mencegah penyebaran bakteri

Cara: Untuk bintil luar, ambil beberapa tetes minyak kelapa dan oleskan pada bintil, hati-hati jangan menggunakan berlebihan karena bisa masuk ke mata dan menyebabkan iritasi.

Bagaimana Mengobati Bintil Pada Anak?

Kebanyakan bintitan pada anak teratasi dalam seminggu. Jadi, sebelum pergi berobat, Anda bisa mencoba beberapa tips perawatan di rumah untuk mengurangi infeksi dan meredakan gejalanya.

Jika tembel tidak mereda dengan perawatan di rumah, maka dokter Anda mungkin akan meresepkan antibiotik topikal. Salep antibiotik mata diperlukan dalam banyak kasus. Antibiotik sistemik, pembedahan, dan drainase dapat diresepkan pada kasus yang parah dan persisten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *