Cara Menghilangkan Jerawat Punggung secara Efektif

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang biasanya akan timbul di kulit wajah. Ya, wajah yang berjerawat tentu akan mengganggu penampilan dan akan membuat kita kurang percaya diri pada saat berpenampilan. Tak hanya itu, jerawat yang parah juga akan membuat kita tidak nyaman dan merasa sakit akibat peradangan yang terjadi.

Wajah yang berminyak adalah salah satu penyebab timbulnya jerawat. Bahkan tidak hanya di wajah saja, jerawat yang sudah parah biasanya juga akan menyerang bagian tubuh lainnya selain wajah. Bagian tubuh yang juga sering berjerawat salah satunya adalah jerawat di punggung. Jerawat di punggung biasanya akan terjadi karena jerawat yang sudah parah di bagian wajah.

Jerawat di punggung memang jarang disadari keberadaannya karena tertutupi oleh pakaian. Namun, jika dibiarkan jerawat di punggung tentu akan sama parahnya dengan jerawat di wajah. Oleh karena itu, Anda juga harus segera mengatasinya dan pada artikel kali ini kami akan memberkan informasi pada Anda tentang bagaimana cara menghilangkan jerawat punggung secara alami dan efektif. Langsung saja mari kita simak ulasannya.

Penyebab Timbulnya Jerawat Punggung

Penyebab Timbulnya Jerawat Punggung

Kenapa punggung bisa berjerawat? Mungkin pertanyaan inilah yang ada di pikiran Anda. Jadi, sebelum membahas mengenai cara menghilangkan jerawat punggung terlebih dahulu kami akan menjelaskan mengenai penyebab timbulnya jerawat punggung.

Pada umumnya jerawat bisa tumbuh dan berkembang dimana saja kecuali pada telapak tangan dan telapak kaki. Hal ini karena kedua telapak tangan dan kaki tidak mengandung folikel subeceous yang dapat membentuk jerawat.

Untuk penyebab jerawat dipunggung secara umum penyebabnya sama dengan jerawat di wajah yakni karena kelenjar minyak yang terlalu banyak produksi minyak, karena sel kulit mati yang berlebihan dan juga disebabkan oleh adanya jamur dan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat. Selain itu, punggung juga mengandung lebih banyak sebum atau minyak kulit dan juga bakteri penyebab jerawat dibandingkan dengan bagian tubuh yang lainnya.

Tidak semua orang memiliki jerawat di punggung, namun biasanya orang yang memiliki jerawat di punggung juga memiliki jerawat di wajahnya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mencegahnya sebelum terkena jerawat


Cara Mencegah Jerawat di Punggung

Cara Menghilangkan Jerawat Punggung

Nah, berikut ini beberapa cara mencegah jerawat di punggung yang dapat Anda coba lakukan.

Pastikan menggunakan pakaian yang memiliki serat halus dan juga menyerap keringat terutama pada saat melakukan olahraga agar tidak terserang kuman dan bakteri penyebab jerawat di punggung.

Jangan terlalu sering menggunakan tas punggung akan lebih baik jika menggunakan tas tangan saja;

Pastikan segera mandi dan bersihkan tubuh ketika berkeringat, jika tidak sempat mandi pastikan selalu membawa produk yang mengandung salicylic acid agar tubuh tetap bersih dan bebas minyak;

Lembabkan dengan menggunakan pelembab non-comedogenic apabila Anda memiliki tipe atau jenis kulit kering karena kulit kering bisa menjadi pemicu munculnya jerawat;

Pastikan ketahui beberapa hal yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan sebisa mungkin Anda harus menghindarinya.


Cara Menghilangkan Jerawat Punggung

Cara Menghilangkan Jerawat Punggung secara Efektif

Setelah Anda mengetahui beberapa cara mencegah jerawat, pastikan Anda menerapkannya dalam rutinitas dan aktivitas Anda sehari-hari. Walaupun secara umum penyebab jerawat di punggung hampir sama dengan penyebab jerawat di wajah akan tetapi cara mengatasi jerawat punggung berbeda dengan cara mengatasi jerawat di wajah. Hal ini karena pori-pori kulit punggung lebih besar sehingga lebih mudah tersumbat. Oleh karena itu, Anda sebaiknya menggunakan produk khusus jerawat punggung.

Namun, apabila Anda sudah terlanjur mengalami masalah jerawat cara menghilangkan jerawat punggung berikut ini dapat Anda coba lakukan dan terapkan.

Gunakan Sabun Mandi dengan Kandungan Benzoyl Peroxide dan Salicylic Acid

Bagi Anda yang mengalami masalah jerawat punggung yang masih tergolong ringan, Anda bisa coba gunakan sabun mandi yang mengandung benzoyl peroxide dan juga salicylic acid. Pastikan Anda menggunakannya secara rutin setiap kali mandi. Hindari menggosok terlalu kencang karena dapat mengakibatkan jerawat memburuk.

Gunakan Obat Oles dan Konsumsi Antibiotik

Tidak hanya dapat menggunakan sabun, Anda juga bisa membantu menghilangkan jerawat punggung dengan mengkonsumsi antibiotic dan juga menggunakan obat oles sebagai obat luar. Biasanya dokter akan menyarankan untuk menggunakan antibiotik topical misalnya seperti benzoil peroksida. Antibiotik dapat Anda terapkan pada kulit yang berjerawat sekali atau dua kali dalam sehari.

Antibiotik yang diresepkan tersebut biasanya akan dapat membunuh bakteri dan jamur penyebab jerawat. Antibiotik yang biasanya sering disarankan adalah retionoid antibiotik baik untuk jerawat punggung yang sedang ataupun yang sudah parah. Jika sudah terlalu parah, Anda bisa mendukungnya dengan menggunakan obat yang diminum.

Adapun beberapa antibiotic lainnya yang juga biasanya akan disarankan oleh dokter adalah tetrasiklin, minosiklin, doksisiklin dan juga eritromisin.

Menggunakan Obat yang Mengandung Isotretinoin (Accutane)

Apabila cara menghilangkan jerawat punggung diatas masih belum berhasil, Anda bsa coba gunakan obat yang mengandung isotretinoin atau Accutane. Namun, obat ini pada umumnya akan menimbulkan efek samping yang cukup serius. Ibu hamil tidak disarankan untuk menggunakannya.

Pastikan Langsung Mandi saat Berkeringat

Cara menghilangkan jerawat punggung berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah pastikan selalu menjaga kebersihan tubuh. Misalnya seperti pada saat berkeringat, sesaat setelah berkeringat pastikan Anda langsung mandi agar kuman, jamur dan bakteri tidak menempel di punggung dan memperparah jerawat di punggung.

Jangan Gunakan Pakaian yang Terlalu Ketat

Pada saat terkena jerawat di punggung, pastikan bahwa Anda tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat. Bagi wanita, pastikan Anda tidak menggunakan BH yang terlalu ketat. Selain itu, hindari juga pemakaian pakaian yang dapat memerangkap panas dan menyebabkan adanya gesekan yang nantinya malah akan memperparah jerawat.

Jangan Memencet Jerawat di Punggung

Sama halnya seperti jerawat di wajah, jangan sesekali Anda memencet jerawat di punggung juga karena akan menyebabkan paradangan dan juga akan meninggalkan bekas jerawat.


Cara Menghilangkan Jerawat Punggung secara Alami

Tidak hanya dapat melakukan beberapa cara diatas, Anda juga bisa mencoba beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami berikut ini.

Cuka Apel

Cuka apel sangat efektif sekali mengatasi masalah jerawat di wajah. Untuk jerawat dipunggung Anda juga bisa mencobanya dengan mandi menggunakan air yang sudah diberi campuran cuka apel. Atau sebagai obat luar, Anda bisa mengoleskan cuka apel ke bagian kulit di punggung yang berjerawat dengan menggunakan kapas.

Lidah Buaya

Punya tanaman lidah buaya dirumah? Anda bisa memanfaatkan gel lidah buaya sebagai cara menghilangkan jerawat di punggung secara alami. Anda bisa coba oleskan gel lidah buaya pada bagian punggung yang berjerawat secara merata. Pastikan lakukan secara rutin hingga jerawat di punggung hilang.

Kunyit

Kunyit ternyata juga dapat Anda manfaatkan untuk menghilangkan jerawat di punggung. Caranya cukup mudah, Anda bisa mencampurkan bubuk kunyit dengan minyak zaitun hingga mengental. Kemudian, oleskan pada bagian tubuh yang berjerawat, diamkan hingga meresap agar khasiatnya lebih meresap kurang lebih 1 jam. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Itu dia beberapa cara menghilangkan jerawat punggung yang efektif dan alami. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terimakasih.