Ibu Muda Wajib Tahu! Berikut Cara Menggunakan Test Pack

Ibu Muda Wajib Tahu! Berikut Cara Menggunakan Test Pack

Pasangan suami istri tentunya sangat menantikan hadirnya buah hati dalam kehidupan rumah tangga. Cara paling mudah untuk mengetahui apakah kekasih atau istri sedang hamil atau tidak yaitu dengan penggunaan test pack. Namun, tidak jarang bagi pengantin muda, masih sering merasa bingung tentang cara menggunakan test pack. 

Jangan sedih apabila saat melakukan cek kehamilan, test pack menunjukkan hasil yang negatif. Bisa jadi hasil yang ditunjukkan bukanlah hasil yang akurat. Ketidakakuratan hasil saat melakukan tes kehamilan menggunakan test pack bisa disebabkan oleh banyak hal.

Mulai dari salah cara menggunakan test pack, test pack yang digunakan sudah kadaluarsa, atau bisa juga karena terburu-buru saat menggunakan alat ini. Terlebih test pack menggunakan aturan waktu penggunaan Yang harus dipatuhi. 

Cara Penggunaan Test Pack yang Benar dan Tepat

Untuk meminimalisir adanya kesalahan saat melakukan uji coba tes kehamilan, berikut ini cara menggunakan test pack yang wajib pasangan muda ketahui.

1. Siapkan wadah atau penampung urin

Sebaiknya siapkan peralatan yang dibutuhkan dalam menggunakan alat tes kehamilan. Biasanya wadah ini sudah disediakan bersamaan dengan pembelian alat test pack. Namun ada juga beberapa jenis test pack yang tidak menyertakan wadah atau alat penampung urin. 

Jika tidak disertakan wadah atau penampung, kamu bisa menggunakan wadah pengganti asal masih bersih dan steril. Apabila kamu tidak menemukan wadah yang tepat kamu bisa langsung mengguyurkan urin pada alat test pack. 

Namun, berhati-hatilah jangan sampai urin yang diteteskan pada test pack melebihi garis batas. 

2. Celupkan Test Pack pada Wadah 

Jika menggunakan wadah atau tempat menampung urin, maka celupkan test pack pada wadah hanya pada bagian putihnya saja. Pastikan kamu mencelupkan test pack sampai di bawah garis MAX. Jangan melebihi garis MAX karena bisa mempengaruhi keakuratan hasil dari tes yang dilakukan. 

3. Tunggu beberapa saat lalu angkat Test Pack

Setelah mencelupkan test pack pada wadah urin tunggu sekitar 5 detik lalu angkat test pack. Biasanya, karena tidak sabaran pasangan muda akan langsung melihat hasil pada test pack setelah pencelupan alat pada urine. Padahal hal ini tidaklah tepat untuk dilakukan.

Setelah test pack diangkat dari wadah urine kamu masih harus menunggunya kurang lebih sekitar 10 menit. Tunggu sampai garis pada test pack tidak berubah-ubah warna lagi.

Setelah 10 menit kamu bisa memperhatikan garis yang muncul pada alat test pack. Apabila terdapat dua garis maka kamu kemungkinan besar sedang hamil. 

Sebaliknya apabila hanya muncul satu garis besar kemungkinan kamu tidak sedang dalam kondisi hamil.

4. Pilih waktu yang tepat

Setelah mengetahui cara menggunakan test pack yang benar, hal lainnya yang perlu kamu perhatikan adalah waktu penggunaan test pack. Beberapa ahli dalam bidang Kebidanan dan kandungan menyarankan Jika waktu yang baik saat menggunakan test pack adalah di pagi hari.

Saat pagi hari, kadar HCG pada urin masih sangat tinggi. Kadar HCG yang tinggi akan mempengaruhi hasil cek kehamilan menjadi lebih akurat. Sebaliknya apabila kamu melakukan cek kehamilan di siang  atau sore hari kemungkinan besar hasilnya tidak akan lebih akurat saat melakukan tes kehamilan di pagi hari. 

Hal ini disebabkan karena kadar pada urin sudah tidak stabil akibat pengaruh dari makanan dan minuman yang dikonsumsi pada hari itu. 

Selain memperhatikan waktu penggunaan test pack, pastikan kamu memakai alat ini saat sudah terlambat haid. Apalagi kadar HCG pada urin akan semakin tinggi ketika sudah memasuki 2 sampai 3 hari di minggu pertama kehamilan. Itu tadi cara penggunaan test pack yang benar, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *