Cara Mengatasi Batuk Berdahak dengan Bisolvon

Batuk berdahak memang bisa menimbulkan ketidaknyamanan saat beraktivitas. Jika mulai mengganggu, kamu bisa mencoba menggunakan Bisolvon.

Untuk mengatasi batuk berdahak, kamu membutuhkan obat dengan kandungan aktif yang mampu meredakan saluran pernapasan sekaligus mengencerkan lendir.

Nah sirup obat batuk Bisolvon ini memiliki kandungan yang efektif bekerja melawan batuk. Simak ulasan bagaimana cara mengatasi batuk dengan dahak berikut ini!

Mengenal batuk berdahak

Sesuai namanya, batuk berdahak adalah kondisi batuk yang disertai dengan  peningkatan lendir di dalam saluran pernapasan.

Pada umumnya, batuk adalah respon alami tubuh untuk membersihkan saluran udara dari lendir atau iritan yang ada di udara seperti asap, debu, maupun serbuk sari.

Batuk berdahak atau juga disebut dengan wet cough mengeluarkan sputum seperti lendir, dahak, dan materi lain dari dalam paru-paru.

Penyebab batuk berdahak

Batuk berdahak umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus yang biasanya menyebabkan flu atau demam.

Sebenarnya, seluruh saluran pernapasan kamu dilapisi oleh mucus membranes atau selaput lendir. Lendir ini sebenarnya punya fungsi menjaga kelembapan saluran udara dan melindungi paru-paru kamu dari iritasi.

Saat tubuh kamu terinfeksi dan mengalami flu, selaput lendir ini akan meningkatkan produksinya. Ini dilakukan untuk menjebak dan mengusir bakteri atau virus penyebab infeksi.

Batuk sebagai refleks alami tubuh, membantu kamu mengeluarkan kelebihan lendir yang tersangkut di dalam paru-paru dan dada kamu.

Obat untuk mengatasi batuk berdahak

Untuk mengatasi batuk berdahak, kamu membutuhkan obat dengan kandungan yang mampu mengencerkan lendir dan sekaligus melonggarkan saluran pernapasan.

Kamu butuh obat dari golongan ekspektoran dan juga mukolitik. Kedua kandungan ini dapat kamu temukan dalam obat batuk sirup Bisolvon.

Kandungan 

Obat batuk sirup ini mengandung 2 zat aktif yakni bromhexine dan guaiphenesin. Bromhexine adalah agen mukolitik yang bekerja memecah lendir untuk memudahkan batuk.

Selain itu bromhexine juga membantu proses pembersihan lendir tubuh di saluran pernapasan dengan menurunkan viskositas lendir dan merangsang lapisan epitel bersilia. 

Sementara guaiphenesin adalah ekspektoran yang bekerja melancarkan saluran pernapasan. Cara kerjanya adalah dengan mengencerkan lendir di saluran udara untuk memudahkan batuk lendir dan membersihkan saluran udara. 

Cara mengatasi batuk berdahak dengan Bisolvon

Obat batuk sirup ini dapat digunakan untuk dewasa dan anak-anak di atas 2 tahun. Kamu bisa mendapatkannya di berbagai toko obat tanpa resep dokter.

Untuk menghindari efek samping berbahaya, penggunaannya harus sesuai dosis sesuai dengan anjuran pemakaian pada label obat. Di antaranya:

  • Anak usia 2 – 6 tahun: 2,5 ml sebanyak 3 kali sehari
  • Anak usia 6 – 12 tahun: 5 ml sebanyak 3 kali sehari
  • Usia 12 tahun ke atas: 10 ml sebanyak 3 kali sehari

Untuk memastikan takarannya pas, kamu bisa menggunakan sendok takar atau pipet khusus untuk minum obat.

Tips agar pemulihan cepat

Selain mengonsumsi obat, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membantu proses pemulihan batuk berdahak lebih cepat nih.

Berikut beberapa tips cara mengatasi batuk berdahak di rumah:

  • Hidrasi

Jangan biarkan tubuh kamu dehidrasi atau kekurangan cairan. Saat dehidrasi dahak bisa semakin kental yang justru memperparah batik kamu

  • Istirahat cukup

Dengan istirahat cukup, kamu bisa memberikan tubuh waktu untuk memerangi infeksi yang menjadi penyebab batuk berdahak

Jika batuk berdahak berlangsung sampai berminggu-minggu ada baiknya kamu berkonsultasi ke dokter untuk melihat apakah ada kondisi medis tertentu yang menjadi penyebab kondisi ini.

Nah itu dia ulasan terkait cara mengatasi batuk berdahak dengan Bisolvon. Jangan gunakan obat melebihi anjuran pemakaian ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *