7 Tips Memilih Popok untuk Bayi Baru Lahir

popok bayi baru lahir

Bukan perkara mudah bagi orang tua termasuk mungkin Anda untuk memilih popok bayi baru lahir.

Banyak orang tua yang menghabiskan waktunya untuk benda yang satu ini. Alhasil, banyak dari mereka yang kebingungan karena banyaknya merek atau brand di pasaran.

Sehingga mereka pun malah melupakan apa yang seharusnya dibutuhkan oleh baby born, yaitu kenyamanan.

Berikut ini adalah cara untuk Anda para orang tua yang hendak memilih popok yang tepat untuk buah hati Anda.

1. Brand

Brand atau merek merupakan hal pertama yang perlu Anda perhatikan saat Anda dan pasangan hendak memilih popok untuk bayi neonatal.

Banyak sekali merek popok bayi di pasaran sehingga hal ini akan menyulitkan Anda sebagai orang tua.

Supaya tidak bingung, pilihlah merek yang memamg sudah bereputasi cukup baik selama bertahun-tahun. Hal ini tentu tidak akan membuat Anda dan pasangan khawatir soal kualitas.

2. Desain dan fitur

Hal kedua adalah berdasarkan desain dan fitur yang dimilikinya. Pilihlah desain yang cukup bersahabat bagi Anda dan bayi, serta mudah digunakan.

Selain itu, perhatikan fiturnya. Usahakan terdapat fitur popok bayi yang punya kemampuan bagus dalam penyerapan, mempunyai indikator tingkat kebasahan, lembut dan bisa membuat kulit bayi bernapas, serta mudah diregangkan dan pas.

3. Ukuran dan berat bayi

Sebelum membelikan popok untuk bayi baru lahir, Anda harus melihat pada ukuran popok tersebut karena setiap bayi mempunyai ukuran yang berbeda.

Hal ini kebanyakan berasal dari berat bayi. Karena itu, sebelum membeli popok untuk selalu menimbang berat bayi terlebih dahulu.

Karena berat bayi bisa bertambah cepat di masa tumbuh-kembangnya, usahakan membeli satu paket popok beda ukuran sebagai antisipasi, dan hal ini dapat menghemat uang Anda.

4. Tahan lama

Anda harus memilih popok yang tahan lama dan kuat dalam menyerap karena bayi kebanyakan akan kencing dan buang air besar di popok sepanjang hari. Popok yang seperti ini juga akan mencegah bayi dari kelembapan dan ruam popok.

5. Biaya

Biaya adalah hal yang harus Anda pertimbangkan saat memilih popok untuk Newborn. Hal itu bisa Anda lihat dari kebiasaan bayi kencing dan buang air besar di popok yang akhirnya harus diganti.

Daripada Anda boros dalam pengeluaran, sebaiknya pilih popok yang punya banyak fitur daripada harga mahal tapi belum tentu berkualitas.

Kemudian belilah popok dalam 3 merek berbeda yang bisa Anda jadikan acuan di kemudian hari  dalam membeli popok baru.

6. Kulit sensitif

Apabila bayi Anda memiliki kulit sensitif seperti ruam dan kulit pecah, pilihlah popok bayi yang dapat mencegah hal tersebut terutama yang sekali pakai.

7. Kenyamanan

Menjadi sebuah hal yang cukup menantang terutama bagi para orang tua yang di awal-awal kelahiran bayi harus merelakan waktu tidur selama berhari-hari karena bayi yang rewel akibat lapar atau harus ganti popok karena kencing dan buang air besar.

Untuk hal ini sebagai orang tua, Anda perlu sigap, dan supaya tidak terlalu repot dalam urusan mengganti popok pilihlah popok sekali pakai yang terbukti nyaman dan bersih tanpa harus dicuci daripada popok kain.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para orang tua saat mereka hendak memilih popok untuk bayi yang baru lahir sehingga Anda tidak salah pilih, dan si buah hati merasa aman dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *