3 Layanan Medis yang Ditawarkan Medika Plaza

Klinik Medika Plaza merupakan salah satu klinik kulit dan kecantikan yang berada di Jakarta. Medika Plaza berlokasi di Jl. Jendral Sudirman, Jakarta Pusat dan memiliki berbagai prosedur medis unggulan. Fasilitasnya pun juga lengkap di antaranya seperti ambulans, laboratorium, ruang tindakan, ruang tunggu, dan tenaga medis yang profesional.

Berikut beberapa layanan medis yang ditawarkan oleh Medika Plaza:

  1. Fisioterapi

Fisioterapi merupakan terapi yang dilakukan untuk mengembalikan fungsi gerak tubuh. Prosedur medis ini biasanya dilakukan setelah pasien mengalami cedera, penyakit tertentu, atau disabilitas. Terapi ini harus dilakukan oleh fisioterapis dan atas rekomendasi dari dokter spesialis rehabilitasi medik. 

Fisioterapis sendiri memiliki tugas untuk mengevaluasi kondisi medis pasien untuk memberikan rencana terapi yang tepat atas kondisi tersebut. Terapi juga akan dilakukan dengan cara melakukan olahraga khusus yang bertujuan agar mengembalikan fungsi gerak tubuh pasien.

Melalui fisioterapi, pasien tidak hanya memperbaiki pergerakan tubuh tetapi juga dapat mengurangi rasa nyeri, mencegah disabilitas atau operasi, dan mencegah terjadinya cedera olahraga. Beberapa pasien juga menjalani fisioterapis sebagai cara rehabilitas setelah stroke, kecelakaan, cedera, atau operasi.

Rehabilitasi fisik biasanya dilakukan kepada orang-orang yang memiliki kondisi medis tertentu, di antaranya adalah pasien dengan gangguan saraf seperti parkinson, nyeri sendi, pasien dalam keadaan pemulihan patah tulah, inkontinensia urine atau feses, dan pasien saat pemulihan pascaoperasi.

  1. Pap Smear

Klinik Medika Plaza juga menawarkan pelayanan medis pap smear atau pemeriksaan leher rahim atau serviks. Prosedir pap smear dilakukan untuk mendeteksi sel kanker maupun sel-sel abnormal (sel prakanker) lainnya yang ada di leher rahim yang memungkinkan berkembang menjadi kanker. Prosedur ini pun dapat dilakukan secara rutin ataupun tes saat mulai munculnya gejala kanker.

Prosedur ini dianjurkan dilakukan secara rutin pada wanita di atas 21 tahun. Wanita yang memiliki risiko tinggi juga sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan pap smear secara rutin. Wanita yang berisiko tinggi adalah mereka yang memiliki gejala HPV  (human papilloma virus), sistem kekebalan tubuh yang lemah, mendapatkan hasil pap smear abnormal, dan lain sebagainya.

  1. Medical Check up

Sama seperti klinik kesehatan lainnya, Medika Plaza juga menawarkan layanan medical check up yang menyeluruh. Medical check up merupakan pemeriksaan medis rutin untuk mengecek kondisi kesehatan pasien. Prosedur kesehatan satu ini bisa dilakukan bahkan kepada pasien yang sehat. Pasien kemudian dapat melakukan konsultasi mengenai masalah kesehatan lainnya.

Pemeriksaan rutin ini sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh siapa saja ,terutama pada orang di atas umur 50 tahun. Tujuan dari medical check up ini adalah memeriksa penyakit yang tidak terdeteksi sebelumnya, mengobati kemungkinan penyakit sedini mungkin, mengidentifikasikan masalah yang menjadi gangguan kesehatan di masa depan, memberikan atau memperbaharui vaksin yang dibutukan, memantau perkembangan penyakit pasien, dan lain sebagainya.

Seberapa sering seseorang melakukan medical check up tergantung pada usia, faktor, dan risiko, serta kondisi kesehatan pasien itu sendiri. Bagi pasien atau orang di bawah 50 tahun, sebaiknya melakukan pemeriksaan rutin 3 tahun sekali. Sementara untuk pasien di atas 50 tahun dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan setahun sekali.

Itulah beberapa layanan yang ditawarkan oleh Medika Plaza. Selain layanan kesehatan untuk pasien, Medika Plaza juga memiliki Medical Training atau Pelatihan Medis di lingkungan sekolah, kampus, perusahaan, maupun pabrik. Pelatihan ini mencakup edukasi dasar seperti prosedur evakuasi diri, perawatan diri, dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *