Cara Mudah Rename Banyak Foto/Gambar Sekaligus

Sebagai fotografer profesional, Saya gerah banget lihat filename foto yang “acak” bawaan hp/kamera seperti DSC_5681.jpg atau 4y4mk4mpu5.3gp . Ya kayak gitu-gitu lah. Suatu ketika saya dapat sebuah project yang mengharuskan saya mengorganisir ribuan file foto. Setelah googling, ada sebuah software powerful namanya Advanced Renamer (singkatan gaulnya ARen) yang bisa nge rename banyak foto sekaligus sambil ditinggal tidur. Tampilan software nya kayak gini..

RIBET BANGET AH. Walaupun powerful dan kaya fitur, tapi ARen ini terlalu ribet karena saya hanya ingin rename dengan cara simpel.

Contoh nama file yang ingin di rename:DSC_001.jpg sampai DSC_1358.jpg

Saya ingin hasil rename nya: FotoQu.jpg sampai FotoQu (1357).jpg

Dengan bantuan file manager windows, maka cara yang saya lakukan adalah (saya coba di Windows 7, kalau Windows versi lain harusnya bisa):

  1. File-file yang ingin di rename harus berada dalam satu folder.
  2. Klik file terakhir yang ingin direname, setelah itu tahan tombol Shift.
  3. Sambil masih menahan Shift, klik file pertama yang ingin direname. Gunanya untuk selection aja. Yang biru-biru itu lho.
  4. Pastikan file-filenya masih keblok ya. Klik kanan > Rename.
  5. Ketik nama file yang baru, kalau dalam contoh kasus saya diatas, saya ngetik FotoQu.jpg
  6. Tunggu sebentar.

Udah gitu aja. Semoga bermanfaat. Oiyaa sepertinya cara ini bisa dilakukan untuk format file lainnya selain gambar (bisa musik, video, dokumen, dll) coba aja sendiri ya. Btw, biar gak no pic hoax:

Screenshot_10